Friday, January 2, 2009

REFLEKSI DIRI

Liburan tiga minggu terasa lama berlalu, tapi jujur kukatakan liburan kali ini terasa istemewa karena bisa merasakan dua tahun baru bersama keluarga dan teman-teman, cukuplah untuk menghibur perasaan hati yang beberapa minggu ini seakan terombang-ambing samudra kerinduan.
Ditahun baru ini kucoba kembali untuk menghimpun segala logika dan akal sehat yang selama ini dikuasai alam bawah sadar, kucoba untuk terus merenungi hidup ku selama ini, apa yang telah kuperbuat, apa yang telah kulakukan...
Aku malu..yah aku malu terhadap perjalanan hidupku yang kurang berguna, perjalanan hidup yang sering dipergunakan untuk hal yang sia-sia, malu terhadap orang tua yang selama ini bekerja super keras demi mewujudkan harapan agar anak-anaknya menjadi orang yang berguna..ku akui aku memang manusia yang lemah, manusia yang mudah terombang-ambing sesuatu yang sifatnya sementara, , aku hanyalah manusia biasa yang tiada daya, manusia yang tidak punya pendirian...tidak ada nya orang yang dikasihi dan mengasihi selalu dijadikan kambing hitam keterpurukan ini, bagaikan tembok raksasa cina yang menghalangi untuk berlari dan bangkit dari ini semua..sederhana...cuma hanya karena belum ada seseorang yang memperhatikan bisa membuat coretan hitam dalam lembaran hidupku, sungguh fantastis...fantastis dalam hal ketololan...dan apa yang kudapatkan sekarang hanyalah topeng dari segala lembaran hitam ini, masuk STPDN, jadi Pegawai Negeri, bisa kuliah S2 lagi menurutku hanyalah keberuntungan semata karena kurasa aku tak pernah bekerja keras untuk mendapatkan itu semua, berbeda dari cerita teman-teman bagaimana perjuangan mereka untuk mendapatkan semua itu, sekali lagi aku malu..

Sebagai manusia aku juga ingin menjadi lebih baik, liburan kali coba kupergunakan untuk terus merenungi perjalanan hidupku, coba kupergunakan untuk menghimpun kekuatan batin merangkul tekad baja, tekad yang selama ini begitu lemah untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Moment pergantian tahun Masehi dan Hijriyah serta bertepatan dengan bertambahnya usia beberapa minggu lalu merupakan saat yang tepat untuk menjadi manusia yang lebih baik, mudahan semua harapan ini bisa terwujud, mudahan aku bisa menjadi orang yang berguna bagi Agama, Keluarga, dan Masyarakat, karena kalau tidak ada perubahan sama saja seperi MATI..

No comments: