Thursday, September 11, 2008

TIKET MAHAL..CAPEE DECH!!!

Cepetan pesan tiket, ntar mahal lho..!! aduh…aku dapat sejuta nich..!!!boking dari sekarang aja tiketnya…!! Iya nich musim libur soalnya..!! daripada ngga pulang terpaksa lah walau dapat yang mahal..!!

Kata-kata seperti itu sering banget kudengar dari mulut teman-teman dan orang-orang yang akan berpergian saat musim libur atau mudik lebaran menggunakan sarana pesawat…jujur aja hati ini jadi geli sendiri kalau mendengar kata-kata tersebut..gimana ngga geli yang ngomong kaya gitu rata-rata orang-orang yang berpendidikan, kok mereka ngga sadar ya sebenarnya kena tipu mentah-mentah oleh agen-agen nakal…(walaupun aku juga pernah merasakan tapi karena ketidakberdayaan.) Tahu kah mereka bahwa menaikkan harga tiket pesawat harus ada dasar hukum yang mengaturnya?? Maskapai-maskapai ngga akan seenaknya menaikan harga tiket baik musim liburan sekolah maupun saat hari-hari kebesaran agama yang berlaku di Indonesia, kecuali saat tuslah yang sudah jelas ketentuannya. Tapi fenomena yang ada belum saat tuslah pun harga tiket sudah melambung tinggi yang sebenarnya hanya lah permainan para agen. Seperti kita ketahui tarif harga pesawat dibagi kedalam kelas-kelas, misalnya dari A-Z, nah harga dari tiap kelas itu pun bervariasi dari yang mahal sampai yang murah, disinilah peluang para agen untuk bermain dengan membohongi para konsumen bahwa harga tinggal kelas yang tinggi, padahal pada kenyataannya masih terdapat harga dikelas yang lebih murah. Disini saya sempat berpikir kenapa ngga disamakan aja harga setiap kelas??yang akan membedakan hanyalah waktu saat konsumen boarding..minimal konsumen akan merasa adil dan menghindari permainan para agen nakal disaat-saat tertentu seperti musim liburan sekolah dan saat lebaran tiba.

Tingginya permintaan untuk pemesanan tiket pesawat khususnya saat arus mudik lebaran memang benar-benar dimanfaatkan para agen nakal tersebut, padahal tidak semua orang-orang yang berpergian adalah kaum berduit . Yang bisa diharapkan dari situasi ini adalah kejujuran para agen yang menjual tiket untuk memberikan informasi kepada calon penumpangnya,kalau memang masih Open, jangan dibilang Full, walaupun sangat minim peluang tersebut kecuali kepada orang-orang dekat saja. Sering saya menemukan agen yang memberikan informasi yang tidak benar saat-saat musim liburan dan ini tentu saja menimbulkan image yang jelek. Animo masyarakat juga sebenarnya patut dihargai jangan sampai terlupa karena keuntungan pribadi, tapi disini kita sebagai konsumen memang berada dipihak yang kalah karena terkurung dalam situasi yang mendesak, sehingga hal itu membuka peluang untuk keuntungan yang lebih besar buat para agen-agen penjualan. Tapi yang lebih tragisnya lagi pemikiran calon-calon penumpang yang berpikiran tiket musim liburan serta merta akan mahal..tiket musim mudik lebaran diluar tuslah otomatis akan mahal, padahal ketentuan sudah jelas mengatur semuannya. Sedikit saran sebelum kita booking tiket maka janganlah malu untuk menanyakan kelas yang murah(biasanya berkisar dari kelas Q-T) apakah masih open, karena pengalaman saya pengetahuan akan harga pesawat sedikit banyak ada manfaatnya saat kita melakukan pemesanan.
Saya pribadi sebenarnya ngga akan mempermaslahkan setinggi apapun harga tiket asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, karena tidak enak rasannya kalau kita merasa dibohongi dan kita tahu akan itu.

3 comments:

Anonymous said...

k adi,ci tersungging nih,
eh tersinggung.
soalnya ci salah satu org yg suka blg k tmn2,
'eh, dah bli tiket, lum?
cpetan,,,biar dpt murah.
ntar klo dah dket2 hari, mahal loh,,,'

kiding,,, ^_^

haha,,
tp masa sih ka', qt bs tny hrg tiket per kelas gt???
mank k2 prnh coba, gt?
gmn, sesuai standar ga harganya?

adiarshavin said...

hehe minimalkan kan agen tau ni orang lumayan tau tentang bursa tiket hehehe
tapi emang kok sering dapat tiket murah lho ...

uchy said...

wah, ntar klo mw bli tiket, nitip k adi aja ya,,,
hehe,,,,